Optimasi Database

Index
Index dapat meningkatkan kecepatan pencarian pada record yang diinginkan. Yang harus diperhatikan adalah memilih field yang digunakan untuk kunci index, karena tidak semua field memerlukannya. Sedangkan pencarian yang dilakukan dengan membaca setiap record pada tabel disebut dengan table scan.

Menentukan Tipe Data
Menentukan tipe data yang tepat memerlukan ketelitian dan analisa yang baik. Contoh, menggunakan tipe data char atau varchar. Keduanya menampung karakter, char menyediakan ukuran penyimpanan yang tetap (fixed-length), sedangkan varchar menyediakan ukuran penyimpanan sesuai dengan isi data (variable-length).

Menghindari Field bernilai Null
Jika memungkinkan, kurangi penggunaan field yang memiliki nilai null. Dapat diberikan nilai default pada field tersebut.

Query yang Mudah Terbaca
Query panjang yang ditulis dalam 1 baris dapat menyulitkan user yang ingin memodifikasi. Pemilihan huruf besar dan kecil juga dapat mempermudah pembacaan, misalnya dengan konsisten menuliskan keyword SQL dalam huruf kapital, dan tambahkan komentar bilamana diperlukan.

Hindari SELECT *
SELECT * digunakan untuk menampilkan semua field yang terdapat pada sebuah tabel, tetapi jika ingin memproses field tertentu, sebaiknya dituliskan field yang ingin diakses saja, Contoh, SELECT job, employee_id.

Membatasi Jumlah Record
Perlu membatsi jumlah record yang berpotensi mengembalikan record dalam jumlah besar.

Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DDL dan ERD

Sistem Pendukung Keputusan